DI MOHON MENINGGALKAN KOMENTAR BILA ADA LINK DOWNLOAD YANG BROKEN LINK/DIHAPUS. MOHON MAAF ATAS KETIDAK NYAMANAN INI KARENA SEBAGIAN FILE DOWNLOAD YANG ADA DI HALAMAN INI ADA YANG DI HAPUS OLEH PENYEDIA DOWNLOAD, BILA ADA FILE DOWNLOAD YANG DI HAPUS, MOHON TINGGALKAN KOMENTAR, KARENA ADMIN TIDAK SELALU MENGECEK LINK YANG DI HAPUS. DAN SAYA MENGUCAPKAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. SAYA TUNGGU KRITIK DAN SARAN DARI SOBAT FCS DAN SEMOGA ARTIKEL ARTIKEL DI SINI BERMANFAAT BAGI ANDA.
PLEASE LEAVE COMMENTS WHEN IN NO DOWNLOAD THE FILE ON DELETE / ADDRESS BROKEN / FILE REMOVED

SEARCH

DETEKSI KERUSAKAN DAN ERROR DENGAN BUNYI BEEP

Artikel ini saya buat hanya untuk mengingatkan para teknisi senior yang suka lupa... termasuk saya salah satunya... heheheehe... maklum banyak yang harus di hafal, jadinya memorynya low... hehehe....
dan juga buat teknisi yang baru belajar,... nie artikel mungkin sangat bermanfaat buat kalian..

Saat komputer dihidupkan, BIOS melakukan POST (power-on self test). POST ini diperlukan untuk memastikan semua sistem berfungsi sebagaimana mestinya, dan juga mencari informasi tentang hardware apa saja yang terpasang di komputer. Komputer dalam keadaan normal akan mengeluarkan bunyi beeb 1x (pendek). Saat BIOS (basic input output system) mendeteksi adanya masalah saat POST, BIOS akan mengirimkan pesan kesalahan. Pada beberapa kasus, masalah tersebut dapat dideteksi lebih awal, sehingga BIOS tidak dapat mengakses video card dan tidak dapat menampilan pesan kesalahan tersebut, jika seperti ini yang terjadi, BIOS akan mengeluarkan suara “bip” yang memiliki pola tertentu sesuai dengan kesalahan yang diidentifikasinnya. Klo suara “bip” tunggal muncul setelah tampilnya pesan startup pada monitor adalah normal dan tidak ada kegagalan proses booting. “bip” yang dimaksud adalah yang dihasilkan pada saat prosedur POST belum selesai dan belum ada informasi apapun yang ditampilkan pada layar.

Untuk lebih jelasnya, adalah sebagai berikut:
  • Ketika komputer dihidupkan pertama kali, terdengar  suara “bip” dan diikuti adanya pesan start-up (yaitu : size hardisk, ram dan tipe dari BIOS) Berarti komputer dalam keadaan normal
  • Tetapi, ketika komputer dihidupkan, selanjutnya tidak ada pesan start-up, dan diikuti bunyi “bip” yang berulang-ulang, hal itu dapat dipastikan komputer dalam keadaan error
Terdapat 2 tipe umum, yaitu AMI BIOS & AWARD


 1. AMI BIOS

- 1x suara “bip”
Kegagalan refresh DRAM. sistem mempunyai masalah dalam mengakses memori untuk merefreshnya.


- 2x suara “bip”
Kegagalan rangkaian parity, parity bit berfungsi untuk mendeteksi dan mengkoreksi error, secara umum terjadi bermasalah pada memori atau motherboard


- 3x suara “bip”
Kegagalan pada base memori 64K, kegagalan ini bisa disebabkan chip dalam slot memory ada yang rusak.


- 4x suara “bip”
Kegagalan pada timer, kemungkinan ada kesalahan pada satu atau lebih timer yang digunakan untuk mengontrol fungsi-fungsi pada motherboard.


- 5x suara “bip”
Kegagalan prosesor, mungkin karena kepanasan/pemasangan pada socketnya tidak pas atau benar.


- 6x suara “bip”
Kegagalan pada keyboard controller/gate A20. Keyboard controller adalah chip pada motherboard yang mengendalikan keyboard.


- 7x suara “bip”
Kesalahan pada prosesor.


- 8x suara “bip”
Kegagalan baca/tulis memory display.


- 9x suara “bip”
Kerusakan BIOS.


- 10x suara “bip”
Kesalahan CMOS.


- 11x suara “bip”
Kerusakan pada cache memory.


Informasi kerusakan :
- untuk no. 1,2,3 cobalah perbaiki posisi memory, bila tetap tidak bisa berarti memory harus diganti.
- untuk no. 4,5,7,10 motherboard rusak.
- untuk no. 6, coba perbaiki dudukan chip keyboard controller,  jika masih error, gantilah dengan chip yang baru.
- untuk no. 8, kerusakan pada memory VGA.
- untuk no. 9, kegagalan pada chip BIOS.
- untuk no. 11, ganti cache memory.




2. AWARD
 
- 1x suara “bip” panjang
Masalah pada memory, mungkin memory tidak terpasang dengan benar, bisa juga ada chip dalam memory yang sudah rusak.


- 1x suara “bip” panjang dan 2 “bip” pendek
Kesalahan pada displaynya, kemungkinan pemasangan VGA card tidak benar / tidak tertancap dengan benar pada slot AGP / PCI X, bisa juga ada konflik antara IRQ VGA onboard dengan VGA Card.


- 1x suara “bip” panjang dan 3 “bip” pendek
Kesalahan sama denga VGA card.


- suara “bip” sambung – menyambung
Kesalahan bisa dari memori atau VGA Cardnya.



Berikut tipe-tipe beep dan kesalahan pada hardware komputer secara global (tidak tertuju 1 merk motherboard) :
  1. Bunyi ‘beep’ pendek 1 kali, mengindikasikan bahwa komputer anda telah berjalan sempurna dan berhasil menghidupkan semua komponen yang dibutuhkan untuk proses boot-up komputer. Jika bunyi satu kali ini yang terdengar tetapi PC anda tidak juga menyala, langkah yang pertama harus anda lakukan adalah cek kabel VGA yang terhubung antara CPU dengan montor, apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak, atau coba cek monitor anda, apakah monitor anda sudah berfungsi dengan baik atau tidak. Sebaliknya, jika komputer berhasil menyala tetapi tidak ada suara ‘beep’ sebelumnya, coba cek internal speaker pada motherboard anda, atau cek motherboard atau bila perlu silahkan cek setingan pada bios anda.
  2. Bunyi ‘beep’ pendek 2 kali, artinya ada masalah pada konfigurasi atau seting pada CMOS. Coba anda reset CMOS dengan memindah jumper pada clear CMOS kemudian booting ulang.
  3. Bunyi ‘beep’ panjang 1 kali dan pendek 1 kali, artinya ada masalah pada perangkat keras, seperti Motherboard atau Memory (RAM) anda, coba cek ulang apakah kedua perangkat tersebut masih bisa berfungsi/terpasang dengan baik atau tidak.
  4. Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali, artinya ada masalah pada monitor atau VGA Card.
  5. Bunyi ‘beep’ panjang 1 kali dan pendek 3 kali, artinya ada masalah pada Keyboard, coba cek keyboard anda, atau coba kencangkan sambungan kabel dari keyboard yang biasanya terpasang ke port serial, ps2, ataupun usb.
  6. Bunyi ‘beep’ panjang 1 kali dan pendek 9 kali, artinya ada masalah pada ROM BIOS.
  7. Bunyi ‘beep’ panjang terus-menerus, artinya ada masalah di Memory anda silakan cek kembali apakah RAM terpasang dengan benar.
  8. Bunyi ‘beep’ pendek terus-menerus, artinya ada masalah penerimaan tegangan (power).
  9. Pada beberapa merk Motherboard akan mengeluarkan bunyi ‘beep’ beberapa kali apabila temperatur processornya terlalu tinggi (panas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Di mohon tidak memostingkan komentar yang berbau porno gravi ataupun kata-kata kotor, kami akan sangat menghargai kontribusi anda dalam mengomentari setiap postingan kami, dan kami juga akan selalu berterima kasih atas kritik dan saran yang anda kirimkan